14 November 2011

Cerita di Balik Ketenaran Wallpaper Windows XP


Familiar dengan foto di atas? Ya, foto tersebut adalah wallpaper di sistem operasi Windows XP. Ternyata ada kisah menarik di balik penjepretan wallpaper yang mungkin paling banyak disaksikan di dunia itu.

Penjepretnya adalah Chuch O'Rear, mantan fotografer majalah National Geographic. Suatu ketika kala dia sedang mengemudi menuju rumah pacarnya, dia melihat sebuah pemandangan alam nan indah.

Naluri sebagai fotografer membuat Chuch berhenti di tempat yang berlokasi di North Carolina tersebut. Pemandangan menghijau dilatarbelakangi langit biru dan arak-arakan awan yang mempesona itu pun dijepretnya.

"Aku mengemudi dengan rute yang sama beberapa kali, namun Januari itu rumputnya tampil dengan warna hijau yang paling brilian sehingga aku keluar dari mobil dan mengambil beberapa foto," kata Chuch.

Tak pernah terpikirkan olehnya bahwa foto tersebut nantinya akan menjadi salah satu yang paling banyak disaksikan di planet ini. Diperkirakan, lebih dari 1 miliar orang telah melihat wallpaper bertajuk Bliss di Windows XP, yang adalah foto karya Chuch.

Microsoft memilih foto itu sebagai gambar latar di Windows XP. Chuch tidak mau mengaku berapa banyak pembayaran yang diterima. Konon jumlahnya sangat banyak dan foto itu termasuk deretan foto termahal.

"Aku tidak berpikir ketika aku menjepret, foto tersebut akan populer seperti itu. Mungkin saja foto ini adalah yang paling dikenal di planet ini," kata Chuch.