08 November 2011

Perkembangan Smartphone Apple, Android, Blackberry dan Windows Phone


Tahun ini atau bahkan beberapa tahun lalu, kita sudah tahu, banyaknya device-device touchsreen seperti smartphone dan tablet yang bermunculan, mulai dari iPhone, Android, Windows Phone dan Blackberry. Trend touchscreen device ini sendiri berawal dari Apple. Mengapa saya sebut apple?. Ya, meskipun device touchscreen sebenaranya sudah sejak lama ada, tetapi produk dan pemasarannya cenderung sepi.


iPhone 4S
Semenjak apple mengenalkan iPhone pertamanya pada tahun 2006 sampai iPhone yang paling terbaru, yaitu iPhone 4s, Dunia seakan terhipnotis dengan kehadiran Smartphone tersebut. Design yang elegan, operating system dengan UI yang cantik, kualitas material yang sangat baik ditambah dengan brand “Apple” yang sudah kita tau merupakan merek yang selalu membuat device-device yang berkualitas. Semenjak peluncuran iPhone, banyak vendor yang  ‘ketir-ketir’ dengan kehadiran device ini. Selama beberapa tahun, iPhone menjadi ‘Raja’ dalam katagori smartphone, meskipun harganya cenderung mahal (sebuah iPhone sebanding dengan harga laptop). Beberapa tahun kemudian, Google  merasa gerah dengan kehadiran iPhone, maka Google mempunyai rencana untuk ikut bersaing dalam dunia Smartphone.

Awal dari rencana google adalah membeli perusahaan yang membuat OS untuk Smartphone, yaitu “Android.inc”. Android adalah OS yang dibuat berdasarkan kernel Linux. Setelah membeli Android, Google menjadikan OS tersebut OS Open Source, meskipun tidak 100% open source. Setelah beberapa tahun pengembangan, pada tahun 2007, google meluncurkan Smartphone Android pertama mereka yaitu G1. Smartphone ini merupakan Smartphone semi- touchscreen dan masih menggunakan keyboard fisik. Smartphoneone ini tidak laku dipasaran, sehingga terpaksa google harus kembali ke ‘lab’ nya untuk merombak OS tersebut.

HTC Android G1
Beberapa tahun berjalan, akhirnya banyak vendor yang bergabung dengan komunitas OS Android ini, beberapa diantaranya adalah HTC, Sony Ericsson, Samsung, LG, dan Motorola.  Setelah perombakan tersebut, Pada tahun 2009, mulai bermunculan smartphone dari berbagai vendor yang telah disebutkan sebelumnya. Beberapa diantaranya adalah Xperia Series dari Sony Erricsson, Samsung dengan seri Galaxy nya, LG dengan seri Optimusnya, Motorola dengan Motorola Droid nya, dll. Semenjak gempuran android dari berbagai vendor tersebut, pasar yang dulunya didominasi oleh iPhone, sekarang, sedikit demi sedikit telah tergerus oleh Android.  Sampai sekarang, Android telah mendominasi pasar AS yang sebelummnya dipegang oleh iPhone.

Sampai saat ini, Android telah meluncurkan Android versi ke 4.0 yang merupakan Android yang telah multi support antara Smartphone dan Tablet. Smartphone pertama yang menggunakan OS ini adalah Galaxy Nexus buatan samsung, tetapi telah di re-branding menjadi hak merek google.

Galaxy Nexus


Bagaimana dengan Windows Phone? Windows phone diluncurkan pada awal 2010. Windows Phone sendiri adalah re-branding dari Windows Mobile yang sejak dulu ada, tetapi kini Windows Phone sangat berbeda dengan Windows Mobile. Perbedaan yang sangat mencolok adalah digunakannya UI Metro yang terinspirasi dari sebuah pamflet pangumuman di sebuah bandara.
Windows Phone dari Nokia


Beberapa tahun berjalan, Windows Phone tidak terlalu banyak menarik pasar, ini disebabkan pasar sudah dipenuhi oleh Smartphone-smartphone iPhone dan Android yang sudah lebih dahulu terjun di pasar ini. Ini tentu menjadi hal yang sulit bagi Microsoft. Kesempatan baru mungkin diraih jika microsoft bekerjasama dengan Nokia. Nokia sendiri sebenarnya telah mengalami kebangkrutan karena pasar smartphone symbian mereka telah tergantikan dengan iPhone dan Android. Jadi ini tidak hanya kesempatan baru satu pihak, tetapi dua pihak, yaitu Microsoft dan Nokia.

Tidak beda jauh dengan Microsoft dan Nokia, Blackberry juga seolah tergusur dengan kehadiran iPhone dan Android. Blackberry sendiri mengaku kalau pendapatan mereka menurun semenjak iPhone dan Android datang. Maka Blackberry mencoba peruntungannya dengan meluncurkan Touchsreen Smartphone mereka yang diberi nama ‘Colt’. Smatphone ini menggunakan OS QNX yang juga digunakan pada Blackberry Playbook. Meskipun bukan smartphone touchscreen mereka yang pertama, tetapi ‘Colt’ dibuat lebih serius untuk bersaing melawan iPhone dan Android.

Blackberry Colt