29 Juni 2012

Macbook Pro Retina Display, Notebook Dengan Resolusi Monster

MacBook Pro generasi terbaru disebut-sebut sebagai laptop monster. Terutama versi 15,4 inch yang sudah dibekali dengan teknologi layar retina display. Banyak pihak tentu penasaran seberapa tajam tampilan yang dihasilkan laptop yang paling murah diharga USD 2.199 atau sekitar Rp 20 jutaan tersebut.

Layar retina pada MacBook Pro ini beresolusi 2.880 x 1.880 pixel dengan 220ppi (pixel per inch). Tampilan obyek di layar pun dipastikan sangat cemerlang.


Bodinya memang tidak setipis MacBook Air, namun tetap saja masuk kategori langsing. Dengan ketebalan 18 mm dan berat 2kg, ini adalah MacBook pro yang paling tipis dan ringan. Memang Apple tidak lagi menyertakan optical drives di MacBook Pro dengan layar Retina ini.


Untuk support Retina Display, Appe telah memodifikasi sistem operasi terbarunya, Mountain Lion OS X. Sehingga aplikasi seperti browser Safari, iPhoto dan Mail akan terlihat lebih baik dalam layar resolusi tinggi. Demikian juga dengan aplikasi profesional seperti Final Cut Pro dan Aperture.

Apple menyertakan dua port USB, Thunderbolt, slot micro SD dan port HDMI untuk menghubungkannya dengan televisi definisi tinggi. Spesifikasinya terbilang powerful dengan opsi prosesor quad core Intel i7 2,7GHz, 16GB RAM, grafis Nvidia GeForce GT 650M dan 768GB SSD.
 

Model basis MacBook Pro dengan Retina Display ini dijual USD 2.199 atau sekitar Rp 20,7 juta. Sedangkan konfigurasi tertingginya dijual USD 3.749.

Apple juga memperbaharui MacBook Pro model 13 inch dan 15 inch dengan generasi baru prosesor Intel i5 dan i7. Namun tidak menyertakan layar jenis Retina Display.