29 Juni 2012

Produk Baru Google, Nexus Q

Pada acara Google I/O kemarin tidak hanya tablet Nexus 7 yang mencuri perhatian para peserta, namun sebuah perangkat bulat yang unik ikut mencuri perhatian para pengunjung. Perangkat tersebut adalah Nexus Q yang resmi diperkenalkan pertama kalinya oleh Google. Nexus Q merupakan perangkat media player yang memungkinkan Anda untuk melakukan streaming media dari layanan awan, akun Google, Play Store, dan Youtube ke perangkat Home Stereo atau HDTV di rumah Anda.


Anda dapat mengontrol Nexus Q melalui tablet atau smartphone Android milik Anda.
Selain itu, Nexus Q juga memiliki fungsi lain sebagai amplifier, mengijinkan pengguna untuk mengkoneksikan speaker eksternal untuk menerima power dari amplifier Nexus Q yang berkekuatan 25-watt. Kepala Pengembang Google, Joe Britt, mengatakan ''Para pengembang yang merancang amplifier pada Nexus Q adalah benar-benar pakar di bidang amplifier. Saya rasa akan ada banyak orang yang terkejut dengan keluaran suara yang dihasilkan amplifier dari Nexus Q saat menghubungkan seperangkat speaker''.

Google Nexus Q ditenagai dengan prosesor OMAP4460 yang sama dengan Galaxy Nexus dan RAM sebesar 1 GB. Dari sisi konektivitas, perangkat ini dilengkapi dengan fitur NFC, WiFi, Bluetooth, dan tidak ketinggalan port microHDMI. Perangkat ini merupakan perangkat elektronik pertama yang dikembangkan dan diproduksi langsung oleh Google. Pengembangan dan produksinya dilakukan di sebuah pabrik yang berjarak 15 menit dari markas Google di California. Para pertengahan Juli mendatang Nexus Q sudah mulai tersedia dengan banderol harga $299 atau sekitar 2,9 juta rupiah.