11 Agustus 2012

Review Canon PowerShot A810


Di pasaran saat ini ada banyak sekali jenis kamera. Mulai dari point shoot camera, prosumer, semi pro, professional dan yang sekarang lagi trend nya adalah tipe mirrorless yang telah saya bahas disini. Pasar nya pun terbagi menjadi 3 bagian. High-end untuk merujuk ke pasar kelas atas yang didominasi oleh kamera professional dan mirrorless. Pasar Mid-end untuk kelas menengah yang didominasi kamea prosumer. Dan terakhir Low-end yang sebagian besar merujuk ke kamera point and shoot.

Canon PowerShot A810 ini termasuk kamera point and shoot. Point and shoot ini berati kamera yang mudah, efisien, dan kompak. Contohnya, jika anda ingin ada moment yang anda abadikan, anda tinggal mengambil kamera anda dari saku, tekan tombol on dan langsung jepret tanpa harus repot menset kamera dan lain-lain. Disamping kemudahannya di atas, kamera point and shoot ini tergolong kamera yang menghasilkan foto yang seadanya.

Canon Powershot A810 sendiri sebenarnya memiliki saudara kembar, yaitu Canon Powershot A1230. Dengan perbedaan A810 dipasarkan tanpa adanya lensa viewfinder. Entah kenapa Canon Powershot A1230 kini sudah tidak beredar di pasaran. Padahal jika melirik kelebihannya yaitu dilengkapi viewvinder, bisa menjadi kelebihan tersendiri diantara kamera point and shoot yang ada di pasaran. No one knows the reason except the canon it self.

Unboxing
Saya membeli Canon Powershot A810 di toko online Bhinneka.com dengan warna silver. Sebenarnya Canon Powershot A810 ini ada tiga macam pilihan warna, yaitu silver, black dan wine red.
Setelah barang datang, segera saya langsung buka paket. Melihat dari kotaknya, terlihat bahwa harga sebanding kualitas(baca : kualitas rendah). Kotak kecil dan setelah buka, kelengkapannya adalah sebagai berikut.

  • Kamera Canon A810
  • Baterai AA Panasonic(bukan baterai charger)
  • Kabel data
  • CD-Driver dan software
  • Beberapa kertas petunjuk dan manual
  • Kartu garansi

Saya juga pesa baterai Eneloop beserta chargernya di Bhinneka.com. Sebelumnya saya mengira jika paket kamera akan disertakan dengan kartu memori, tetapi nyatanya tidak. Yah, dengan harga 800ribu-an kita tidak bisa mengharapkan sesuatu yang lebih. What you pay is what you get.

First look
Kesan pertama yang saya lihat dari kamera Canon Powershot A810 ini adalah kecil, imut, dan elegan. Kalau diberi nilai dari 1 sampai 10, saya akan beri nilai 9 untuk desainnya. Body yang kecil, dan body yang menonjol pada bagian kiri terkesan keren. Body yang menonjol itu juga membantu kita agar lebih mudah dalam membidik foto dengan satu tangan.

Melirik ke bagian material. Pada body, saya percaya jika bahan yang digunakan terbuat dari bahan metal dan krom pada bezel lensanya. Pada bagian tombol, terbuat dari bahan plastik. Kualitas plastiknya sendiri merupakan kualitas rendah. Untuk keseluruhan, lumayan lah untuk kamera harga terjangkau.

Kamera ini menggunakan baterai double AA. Tentu ini sangat bagus jika kebanyakan kamera digital menggunakan baterai kotak yang seperti baterai HP yang banyak kelemahannya. Kelebihan Baterai AA jika dibandingkan dengan baterai kotak yaitu baterai AA dapat dicari dengan mudah dan kapasitas lebih besar. Mengingat kamera digital saya yang terdahulu yang saya beli tahun 2007 menggunakan baterai kotak, dan baterai tersebut sekarang sudah rusak, dan jaman sekarang(2012) susah untuk menemukan baterai dengan tipe yang kompatibel dengan kamera jadul saya.

User Interface
Kamera ini menggunakan user interface yang sederhana. Jika anda sering menggunakan kamera digital, anda tidak akan menemui masalah, bahkan terkesan mudah digunakan dari kebanyakan kamera digital. Jadi untuk interface no problem at all.

Foto
Kamera ini mempunyai banyak fitur, diantaranya makro dan face detection. Mungkin anda mengunjungi posting ini sebagian besar untuk mengetahui bagaimana kualitas foto dari Canon Powershot A810 ini. Ada baiknya kita lihat langsung hasil foto yang saya bidik.

Foto outdoor






Foto makro outdoor

Foto indoor
Tanpa flash

Dengan flash

Tanpa Flash

Dengan Flash

Foto makro indoor

Pendapat saya, kualitas foto yang dihasilkan lumayan. Kalau di nilai dari 1 sampai 10 saya akan memberikan nilai 6 untuk kualitas foto. Kenapa? Pertama Noise. Pada keadaan gelap, entah itu malam atau siang(dalam ruangan), kualitas foto akan sedikit buruk da terlihat di bagian antara terang dan gelap banyak noise yang timbul. Mungkin jika anda melihat dari LCD kamera, terlihat bagus, tetapi pada layar monitor, noise terlihat sangat jelas. Kalau anda membidik foto outdoor, kualitas yang dihasilkan akan terlihat lebih bagus, meskipun masih terlihat adanya bintik di berapa bagian.

Video
Meskipun dengan harga terjangkau, kamera ini dapat merekan HD 720p atau 1280x720 pixel. Mungkin untuk jaman sekarang, tidak terlalu impress jika kamera yang bahkan kelas bawahpun dapat merekam HD 720p. Untuk kualitas, anda bisa lihat langsung sampel video berikut.






Pendapat saya kualitas video yang dihasilkan buruk untuk resolusi HD 720p. Video yang dihasilkan seperti melihat video 480p yang di upscalling ke resolusi HD 720p ditambah dengan noise-noise yang timbul di beberapa bagian. Disamping itu, saya berikan jempol untuk frame-rate nya yang tidak ada lag sama sekali.

Kesimpulan

  • Kelebihan
    • Design kamera yang imut dan elegan
    • Menggunakan baterai double AA
    • Harga terjangkau
    • User Interface mudah digunakan
    • Fitur Makro
  • Kekurangan
    • Kualitas foto dan video buruk jika pada malam hari atau di dalam ruangan
    • Kabel data dengan kualitas yang terkesan murahan
    • Memory card tidak termasuk dalam paket
Rating
  • Desain              : ★★★★★★★★★(9/10)
  • Build Quality      : ★★★★★★★★★ (8/10)
  • Kualitas Gambar : ★★★★★★★★★★ (6/10)
  • Kualitas Video   : ★★★★★★★★★★ (7/10)
Conclusion

Kamera Canon Powershot A810 ini tergolong kamera point and shoot yang merupakan pasar dengan consumen berbudget rendah. Dengan harga 800-ribuan, anda jangan berharap terlalu banyak pada kamera maupun kelengakapan yang didapat. Kualitas kamera juga jangan berharap terlalu banyak. Jika anda ingin membelikan kamera untuk orang tua atau untuk adik kecil anda, Canon Powershot A810 ini recomended untuk dibeli. Namun, untuk anda yang tergolong sensitif terhadap pada fotografi, kamera ini tentu selalu memiliki kekurangan di mata anda. Seperti yang saya bilang sebelummnya, what you pay is what you get.

UPDATE
Hasil foto lainnya bisa dilihat disini

Jika ada kritik dan saran atau ada pertanyaaan yang ingin disampaikan, silahkan berkomentar di bawah. FEEL FREE GUYS.

34 komentar:

  1. Ane jadi kepengen beli nih kamera karena harganya cukup ringan. Hasil foto outdoor nya yang bisa dibilang lumayan lah. Ane juga lebih seneng foto outdoor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lumayan, paling tidak bisa jadi pengganti kamera HP n reconmended untuk harga dibawah 1 jutaan.

      Hapus
  2. gan boleh nanya..

    gimana cara isi batrai blitznya gan??

    jawabnya boleh disini,
    tapi alangkah baiknya kirim saja ke email sya:
    frazi16@yao.co.id

    BalasHapus
  3. Bener ngga nih hasil powershot A810

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas, silahkan klik gambarnya, save. Trus klik kanan, properties, cari tab detail. Disana ada informasi lengkapnya.

      Hapus
  4. kl utk isi batreai gmn gan?
    coz aq dh prnh carger stu hrian tp g pnuh2 jg,kl di hdup kan langsung mncul pda monitor Ganti baterai.
    Mohon solusinya gan
    thx....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai baterai apa gan? klo saya pakai baterai sanyo eneloop + charger eneloop normal-normal aja.

      Hapus
  5. mau nanya dong
    kira2 kamera pocket itu lebih enakan yg pake batre alkaline atau batre charger yah?
    dan saya mau nanya lg
    kira2 kalo untuk ngerekam saat konser itu cocoknya kamera yg min spek nya gimana yah?
    ada rekomen gak yg harganya berkisar dibawah 1.5jt?
    yg setidaknya min 16px
    thanks^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya sih baterai AA, soalnya pengalaman kalau pakai baterai charger susah cari baterai nya kalau rusak. Saya punya kamera digital yg pakai baterai charger, skrg terbengkalai krn baterai nya sudah tidak ada yang jual.

      Kalau konser, cari kamera yg range iso nya besar, karena konser biasanya malam-malam. Juga cari kamera yang ada teknologi noise reduction di audio nya agar hasil audio nya tidak pecah di frekuensi tinggi.

      Kalau kamera yg pakai baterai AA sih hanya Canon Powershot A810/A2300. Kalau kamera yg pakai baterai charger banyak, tapi saya lebih recomended Canon IXUS 125 HS, karena video recording nya sudah support 1080p.

      Hapus
  6. gimana kalo dibandingin ma nikon coolpix L26 ?
    lagi galau ma 2 kamera itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dilihat spek diatas kertas, sebenarnya keduanya hampir sama, sama-sama 16mp, video 720p, iso dan lain-lain hampir sama. Saya juga dulu bingung mau antara kedua kamera ini, tetapi design nya canon saya lebih suka, jadi saya ambil camera canon ini.

      Hapus
  7. boss, tau indikator batre nya dimana yaa???
    coz ane sempet pinjem punya temen ane tapi kok ga ada indikator nya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baterai indikator nya emang ga ada gan kalo baterai lagi full. Nanti kalau udah low baru nongol indikatornya.

      Hapus
  8. ooo gitu ya pantesan aku cari indicator batrainya ga ketemu2 sampe 2 jam hahahaha

    BalasHapus
  9. Mas'e ini autofokus video nya lincah gak? Atau tergolong lambat menurut masnya sendiri gimana? Aku lagi cari kamera buat self recording gitu yang autofokusnya bagus & harganya kisaran maks 1,5an apa yg bagus ya?
    Makasih yaa sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamera ini gak ada autofokus nya mbak. Adanya manual fokus, jadi kalau mau record objek yang dekat harus pencet setengah shutter dulu, baru di recording.

      Menurut saya sih FUJIFILM FinePix T300, sudah autofokus, 720p recording, harga 1,3jt.

      Hapus
  10. kleee kyk camera q yg biasanya tak bawa ke skolah dulu wkwkwk jd inget masa SMA ndra wkwkwk

    BalasHapus
  11. bagus banget kalo menurut saya hasil jepretan outdor nya gan.makasih untuk refrensinya...saya juga sedang nyari camera portable cuma bingung pakai batrai AA atau charger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama gan. Kalau saya lebih prefer ke kamera yang pakai baterai AA, karena pengalaman saya punya kamera yang pakai baterai biasa, sewaktu baterainya rusak, susah cari karena baterai nya sudah tidak di produksi lagi.

      Hapus
  12. sama samsung st66 dan nikon s3300 bgus mana yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Canon Powershot A810 vs Nikkon S3300 sebenarnya mempunyai kemampuan yang sama dilihat dari penggunaan sensor, ukuran foto dan video, hanya foto makro pada canon lebih baik.

      Kalau Canon Powershot A810 vs Samsung ST66 hampir mirip juga, tetapi hasil tangkapan samsung lebih lebar dan samsung tidak menggunakan baterai AA.

      Jadi saya lebih prefer ke Canon Powershot A810.

      Hapus
  13. mas bro mau nanya,punyaku baru tp lampu blitz nya ko ga nyala?apa ada setinganya lagi.matur nuwun ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tombol arah kanan ada kan buat set flash nya.

      Hapus
  14. Nice review! Btw, kalau pakai baterai yg bisa di-charge gak akan ada pengaruh ke kameranya? Jadi mudah rusak, gitu, atau apa ...?
    Ditunggu jawabannya! (yunitaberni@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada pengaruh nya kok mbak. Saya pakai baterai charge Eneloop dari pertama kali beli sampai sekarang tidak ada masalah.

      Hapus
  15. untuk outdor lumayan bagus , enak gitu diliatnya, harganya juga cukup terjangkau.

    tapi kayaknya kalo pake kamera ini untuk foto2 produk gitu kurang sip ya mas?atau cukup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto produk nya untuk professional atau biasa aja? kalo untuk foto produk standar, udh mencukupi kok, tapi kalo utk foto produk spt di web bhinneka.com misal, pastilah masih kurang.

      Hapus
  16. kak kalo batre AA daya tahannya sampe berapa kali jepretan ? kira* boleh nggak ya pake batre AA trus pake batre charger. efeknya apa ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sih ga ngitung, cuman lumayan banyak sih(saya pakai baterai charge sanyo eneloop), lebih banyak daripada digital kamera yang pakai baterai standar(yg seperti HP).

      Hapus
  17. EMC SHOP Berbagi Menjelang Bulan Suci Ramadhan Dan Ramadhan.Kami Menawarkan Berbagai Jenis Type HP,Laptop,Camera,dll,Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM.Dengan Harga Relatif Murah Super Promo
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS:0856-4829-7690 ATAU KLIK WEBSITE RESMI KAMI http://www.emc-shop.blogspot.com/
    BlackBerry>Samsung>Nokia>smartfrend>Apple>Acer>Dell>Nikon>canon>DLL

    Dijual /Super Promo.;

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 800 - Matt Black
    Rp.1.700.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia-710-white
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM
    Rp.450.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 710 - Black
    Rp. 900.000,-

    Smartfren Andromax Z
    Rp.1,000.000,-

    Smartfren Andromax U Limited Edition
    Rp.800.000,-

    Tablet Asus Eee Pad Slider SL 1O1
    Rp.2.000.000,-

    Tablet Asus Memo Pad ME172 V
    RP.500.000,-

    Lenovo ldea Pad B490
    Rp.1.500.000,-

    Lenovo think Pad edge A86
    RP.1.000.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
    Rp.700.000

    Ready Stock !
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Acer Aspire S3-951-2364G34iss
    Rp. 1.200.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Nikon D7000 kit 18-105mm
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix L 120 Red
    Rp. 900.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix P 500 Black
    Rp 1.000.000

    EMCSHOP
    emc-shop.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Gan caranya isi/recharge baterai blitznya gimana ya ?

    BalasHapus