23 Maret 2013

Review Modem Prolink PCM100 Slim Edition Unlock


Sebelumnya saya sempat bingung untuk mencari modem CDMA yang unlock agar bisa dipakai untuk Flexi ataupun nantinya Smart. Sebelumnya saya sudah pakai Modem-modem dari Smart, tetapi karena semakin lama sinyal dirumah saya semakin buruk, maka saya beralih ke Flexi. Rencananya juga modem ini akan saya pasangkan dengan router TP-LINK TL-MR3020.

Awal nya saya tertarik dengan paket modem Flexi Huawei EC156 yang unlock, lalu saya titip beli modem itu pada kakak saya yang kerja di Telkom, tetapi sorenya malah dibawakan modem Prolink PCM100 ini. Sebelumnya saya ragu, tetapi setelah browsing-browsing, banyak user yang memberikan tanggapan positif tentang modem ini, akhirnya saya jadi untuk membeli modem ini seharga 265rb di kantor Telkom Denpasar.


Kelengkapan
  • Modem Prolink PCM100
  • Buku manual/kartu garansi


Memang sesuai standar kelengkapan modem, hal yang diutamakan yaitu modem nya saja, karena driver nya sendiri sudah berada di modem nya itu sendiri.

First Look
Kesan pertama setelah melihat modem ini adalah desain nya yang cantik dan slim. Lebih mirip flashdisk daripada modem. Warna biru dan putih terlihat cantik. Material body menggunakan plastik yang menurut saya kurang berkualitas, dan textur yang doff. Textur doff juga ada kelebihannya, yaitu modem tidak akan lecet.








Lampu berwarna merah ketika digunakan, dan lampu berkedip stabil, tidak mengikuti alur data apakah sedang full atau iddle. Untuk anda yang belum tahu, modem ini merupakan new version dari desain modem sebelumnya menggunakan desain flip seperti gambar dibawah.

Credit : Modemku.com
Modem ini mempunyai slot MicroSD yang support sampai dengan 32GB. Slot MicrSD terleta di bagian kanan modem, jadi tidak perlu membuka case nya untuk memasukan kartu memori. Dalam membuka case, sedikit susah dan ringkih, karena jika anda yang tidak sabaran, maka bisa saja beberapa bagian akan patah dan membuat case jadi tidak bisa ditutup ataupun kendor.

Modem ini juga support slot antena sesuai dengan gambar yang ada di modemku.com. Namun anda harus mengebor casing karena port antena tidaklah disediakan dalam keadaan standar.
Credit : Modemku.com
Modem ini juga mensupport router :
  • Hame MPR-A1
  • TP-LINK TL-MR3020
  • TP-LINK TL-MR3220
  • TP-LINK TL-MR3420


Untuk review  TP-LINK TL-MR3020 sendiri bisa dilihat disini. Cara setting dengan router tersebut bisa dilihat disini. Untuk interface modem, dapat dilihat seperti gambar dibawah.


Interface menurut saya sedikit buruk meskipun dengan desain yang meniru Mac OSX. Fitur sama seperti kebanyakan software modem yang lain, seperti SMS, setting modem EVDO/CDMA1X/Hybrid, tetapi satu hal yang kurang adalah fungsi menelepon. Ya, entah kenapa fungsi menelepon tidak ada disini, tetapi fungsi ini bisa digunakan jika anda menggunakan Software modem dari Smart.

Test
Karena modem ini DualBand, maka modem ini bisa digunakan untuk semua operator CDMA yang ada. Saya sendiri mengetest modem ini menggunakan kartu flexi dengan paket Broadband Unlimited 50rb yang masih promo(sampai 31 Juni 2013). Speed sendiri saya tidak akan memberi patokan karena seperti biasa, banyak faktor yang membuat kecepatan menjadi cepat atau pun lambat.

Modem ini tidaklah terlalu panas pada saat digunakan, bahkan pada saat download. Hanya hangat, namun tidak sepanas modem-modem Smart yang saya gunakan dulu yang panas nya super.

Kesimpulan
Modem Prolink Prolink PCM100 Slim Edition ini mempunyai desain yang menarik, cukup kecil untuk sebuah modem. Buat anda yang mengutamakan desain pada produk yang anda beli, maka ini cocok untuk anda. Modem ini unlock dari pabrikan dan juga Dual Band, jadi bisa digunakan untuk semua operator CDMA. Support microSD sampai 32GB. Sedikit masalah pada saat membuka case yang haruslah berhati-hati agar tidak patah. Untuk panas dari modem ini tidak lah berlebih. Jadi harga yang sedikit berlebih terbayarkan dari kelebihan-kelebihan yang saya sebutkan sebelumnya.

Jika ada pertanyaan maupun silahkan berkomentar dibawah. FEEL FREE GUYS.