18 Januari 2014

Review Microsoft Sculpt Mobile Mouse


Halo, kali ini saya men-review mouse wireless dari Microsoft ini. Nama resminya adalah Microsoft Sculpt Mobile Mouse. Seperti apa unboxing, dan pengalaman saya menggunakan mouse seharga Rp. 349,000 (tertanggal 18 Januari 2014 di bhinneka.com) ini, check it out!.

Sedikit pengalaman saya menggunakan mouse sejak pertama kali menggunakan komputer(dari jaman trackball). Saya sebenarnya bukan "maniak mouse", yang harus menggunakan mouse Razer, dll. Selama saya nyaman menggunakan mouse tersebut, entah itu yang murah ataupun mahal, sudah cukup bagi saya.

Fitur
Langsung saja berikut fitur-fitur yang dimiliki mouse ini sesuai dengan spesifikasi nya di website Microsoft.


  • Four-Way Scrolling with Tilt Technology
    • Jadi intinya fitur ini dapat scrol ke atas-bawah, dan kiri-kanan dengan mengklik tengah tombol scroll pada mouse ini.
  • Optimized for Windows
    • Kenapa optimized for windows? karena adanya tombol windows yang dedicated pada mouse ini, jadi untuk kita yang malas untuk klik tombol windows pada keyboard, bisa langsung lewat mouse saja.
  • BlueTrack Technology
    • Bluetrack ini adalah sensor laser yang dapat mendeteksi segala jenis material, termasuk kaca yg mana mouse laser biasa tidak bisa.
  • Comfort and Control for Either Hand
    • Mouse ini di desain sesuai lekuk pegangan tangan anda.
  • Perfect for Travel
    • Bentuknya yang mungil mudah untuk dibawa berpergian.
  • Tilt Wheel
    • Seperti yang dijelaskan di point 1, mouse ini dapat scrol page vertikal-horisontal.

Unboxing
Seperti kebanyakan packaging mouse lainnya, paket yang didapatkan adalah.
  • Mouse wireless
  • Mini USB reciever
  • Baterai AA Duracell
  • Buku manual dan kartu garansi



Dimana CD drivernya? karena mouse ini bersifat plug and play, jadi tidak diperlukan driver lagi, kecuali jika anda ingin memanfaatkan lebih dari mouse ini, anda bisa mendownload driver dan aplikasinya dari Microsoft. Ketika PC/laptop anda terhubung dengan internet, otomatis Windows akan mendownload driver khusus tersebut, jadi gampang lah!.

Desain
Desain mouse ini sekilas(ato memang kloningan) mirip dengan Microsoft Wireless Mobile 3500. Berikut adalah perbandingannya.

Untuk warnanya, mouse ini terbagi menjadi 4 warna, yaitu merah, hitam, biru dan pink.




Menurut saya pribadi, desainnya sangatlah menarik, simpel dan aksen logo windows di tengah menjadi aksen yang bagus!. Great job Microsoft!.



Material nya sendiri, keseluruhan menggunakan plastik dan karet, namun tetap terasa elegan dan minimalis. Pada bodi atas menggunakan material plastik glossy. Terkesan mudah baret, namun kenyataanya  tidaklah terlalu. Saya pengalaman punya mouse HP dengan material glossy, saya sering tempatkan di kantong kain, dan bisa ditebak, terlihat gores an-goresan tipis pada material nya. Namun untuk mouse Microsoft ini sedikit lebih durable, namun jika anda menggosokannya dengan sengaja di beton, tentulah akan baret, hehe.


Pada bagian kiri kanan menggunakan bahan sejenis karet dengan teksture yang tidak halus, namun menambah grip disaat kita menggunakan mouse tersebut. Material karetnya berasa tebal, dan terasa tidak mudah robek seperti pengalaman saya dengan mouse dengan grip karet lainnya.


Pada bagian bawah menggunakan material plastik dengan texture yang sama seperti karet disamping. Kaki mouse sendiri menggunakan bahan plastik, namun terlihat seperti alumunium(awalnya saya tertipu). Namun setelah menggunakan beberapa waktu, kaki-kaki baret dimana mana, sejak saat itu saya sadar bahwa materialnya adalah plastik. Namun jangan khawatir akan kaki mouse ini mudah lepas seperti mouse laiinya.

Pada bagian bawah juga terdapat laser biru(Bluetrack), tombol untuk ON/OFF, tombol untuk mengambil USB Reciever, dan tempat baterai(1 X AA). Standar!

Pemakaian
Kalau boleh jujur, saya kurang nyaman menggunakan mouse ini atau saya mungkin belum terbiasa? entahlah, namun mouse wireless HP yang saya punya dulu juga kurang nyaman, apalagi untuk dipakai berlama-lama. Jadi saya berkesimpulan, kebanyakan mouse wireless memang kurang nyaman untuk digunakan berlama-lama. Mungkin saya terbiasa menggunakan mouse desktop, apalagi yang murahan, hehe.

Berikut adalah take a look dari mouse ini:


Untuk klik kiri dan kanan, terasa lumayan halus. Scroll nya sendiri juga sangat nyaman, juga untuk Tilt scrolling nya sangatlah nyaman.

Test sendiri saya menggunakan di berbagai material mousepad, lantai, seprai, bahkan kaca. Semua no problem, thanks to Bluetrack technology!. Meskipun pergerakannya tidak sehalus mouse-mouse desktop dengan range harga yang sama, namun masih dalam tahap wajar.

Baterainya saya belum tahu berapa lama dengan 1 Baterai AA Duracell dapat bertahan, saya akan update post ini kedepan!.

Kesimpulan
Mouse wireless Microsoft Sculpt Mobile Mouse ini sangatlah menarik perhatian dengan desainnya yang simpel, terutama yang berwarna hitam, terlihat elegan. Selain itu dengan teknologi Bluetrack dari Microsoft, mouse ini masih oke di berbagai material, bahkan kaca sekalipun. Namun saya sedikit mengeluhkan untuk penggunaan jangka panjang, tangan saya terasa lelah bahkan untuk pemakaian 1 jam. Namun karena dengan desain yang bagus, masalah ini terbayarkan.

Sekian review dari saya, semoga bermanfaat! Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar dibawah.

Gambar dan video diambil menggunakan kamera Canon Powershot A810